Ayam Kampung Siap Saji, Frozen Food

Tips Memilih Ayam Kampung Frozen Berkualitas dan Layak Konsumsi

ayam kampung Frozen Food

Daging ayam menjadi salah satu bahan yang sangat digemari oleh para ibu rumah tangga. Hal ini disebabkan pengolahan yang cukup mudah namun cita rasa tetap berkelas dan penyimpanan dapat dilakukan dengan sederhana. Untuk menemukan ayam kampung frozen saat ini memang tidak ribet.

Pasalnya di beberapa supermarket dan mall terdekat ataupun online shop jual ayam kampung siap saji sudah banyak yang menyediakan bahan masakan yang satu ini. Namun jika ke pasar tradisional biasanya bentuk dagingnya masih fresh. Kalau dilihat dari segi nutrisi dan gizinya masih sama, hanya saja jika Anda memperhatikan beberapa fakta berikut ini.

Ciri-Ciri Ayam Kampung Frozen yang Berkualitas dan Layak Dikonsumsi

1. Bau daging ayam kampung frozen seperti pada umumnya

Jika Anda menemukan daging ayam namun baunya tidak seperti biasanya, hal itu patut dipertanyakan. Apakah daging memang masih segar atau sebaliknya. Nah, ini memang sering menjadi permasalahan yang dialami oleh para pembeli daging ayam.

Banyak yang tidak mengerti akan ciri daging ayam yang masih layak dikonsumsi namun tetap membeli. Alhasil rasa masakan tidaklah seenak yang dibayangkan, bahkan bisa menimbulkan penyakit. Untuk itu Anda haruslah mempertajam indera penciuman ketika ingin membeli daging ayam.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Modal Sedikit

Pastikan jika baunya itu tidak terlalu menyengat, lebih tepatnya masih lumrah untuk aroma ayam kampung frozen. Apabila memang daging anyirnya berlebihan atau bahkan tidak menimbulkan bau, lebih baik Anda tidak usah membelinya karena kemungkinan itu ayam tiren atau sudah diformalin.

2. Tulangnya tidak lembek

Ciri berikutnya adalah tulang daging ayam masih kokoh atau tidak lembek. Biasanya jika daging yang dijual tersebut disembelih dengan cara yang layak pasti tidak akan menyebabkan adanya benjolan dalam tubuhnya karena tulangnya tidaklah rusak.

Namun sebaliknya jika ayam mati karena dipukul atau mengalami tabrakan, tentu saja akan terjadi kerusakan pada bagian tulangnya. Maka dari itu Anda diharuskan teliti dalam membeli daging, tak hanya perihal teksturnya saja yang diperhatikan namun juga tulangnya.

3. Kulit masih mulus dan mengkilap

Kulit yang masih mulus dan mengkilap hanyalah dimiliki oleh ayam kampung frozen yang masih fresh. Selain itu kulit juga biasanya tetap terjaga kekenyalannya dan sertanya juga masih utuh. Jika terlihat serat daging hancur maka bisa dipastikan sudah tidak layak konsumsi.

4. Tidak ada bekas luka atau memar pada tubuh ayam

Memar merupakan salah satu faktor yang disebabkan karena ayam tidaklah mati dengan cara yang normal. Adapun penyebabnya ialah terdapat pembekuan darah karena sejumlah faktor, salah satunya adalah pukulan. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk Anda supaya lebih cermat lagi.

Bolak-balik ayam kampung frozen supaya Anda mengetahui kondisi dari keseluruhan tubuhnya. Sehingga jika memang ada yang ganjil Anda bisa lebih cepat mengetahuinya.

5. Warna

Ciri penting lagi yang harus Anda tahu adalah perihal warna. Pada umumnya ayam kampung frozen yang masih segar akan mempunyai warna putih agak kekuningan. Namun apabila terdapat ayam yang warnanya putih pucat dengan tekstur sangat kenyal itu pasti sudah diberikan pengawet berbahaya.

Baca Juga : Jual Ayam Kampung Karkas Berkualitas dan Tips Memasarkannya

Sedangkan untuk daging tiren sendiri biasanya warnanya lebih hitam, sekalipun sudah ada penagawetnya. Membedakan ayam yang kondisinya bagus memang lebih mudah dilakukan saat masih mentah. Karena jika sudah diolah akan tertutup dengan bahan masakan lain sehingga tidak tampak.

6. Daging tidak mengandung air dengan jumlah berlebih

Dalam membedakan ayam kampung frozen yang sangat bagus, akan dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Daging yang tidak mengandung banyak air bisa dikatakan kualitasnya bisa diancungi jempol. Namun hal ini akan sangat berbeda jika ayam mengandung banyak air.

Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menekan daging ayam. Biasanya air akan keluar dari pori-pori kulitnya dan itu dapat menjadi indikasi yang tepat agar Anda menemukan daging yang layak dikonsumsi.

ayam karkas kampung

Tips Memilih Ayam Kampung Frozen

1. Memeriksa tanggal kedaluwarsa dalam kemasannya

Dikarenakan Anda ingin membeli ayam kampung frozen maka tips pertama yang wajib dilakukan adalah memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Tanggal ini akan menunjukkan daya tahan dan kesegaran dari daging yang ingin dibeli.

Pilihlah yang jarak antara tanggal Anda beli dan kedaluwarsa masih cukup jauh. Dengan begitu Anda pasti akan mendapatkan daging yang masih segar dan masih layak untuk dijadikan bahan makanan di rumah. Apabila tanggal sudah tidak berlaku maka tidak usah membelinya karena itu tidak layak.

2. Periksa kemasan

Setelah mengetahui tanggal kedaluwarsanya langkah berikutnya adalah memerika kemasan daging ayam. Perhatikan dengan seksama, apakah daging mentah tersebut benar-benar dikemas sesuai dengan standartnya dan tidak sobek atau bocor pada bagian tertentu.

Dengan adanya kebocoran pada kemasan akan membuat daging mudah termasuki oleh bakteri ataupun kuman sehingga membahayakan jika dikonsumsi. Namun sebaliknya apabila kemasan rapat maka kualitas gizi dna nutrisinya tidak akan terkontaminasi.

3. Pilih daging yang teksturnya kenyal

Seperti yang sudah dijelaskan pada ciri-ciri ayam kampung frozen berkualitas bahwa daging yang mempunyai tekstur kenyal itu bisa dibilang masih segar. Namun kenyal ini berarti bukan dipencet tidak memberikan reaksi apa-apa karena itu pertanda ada pengawet.

Maksudnya saat Anda menekan daging ayam tekstur tetap akan terbentuk namun segera kembali normal. Jadi tidak lembek ataupun keras. Jangan terpaku pada kegemukan ayam atau ukurannya besar. Namun tetap utamakan kualitas demi kesehatan.

4. Jangan tergiur dengan harga yang murah

Ini adalah tips memilih ayam kampung frozen berkualitas yang sering diabaikan orang karena penawarn harga yang diberikan oleh penjual. Karena biasanya ada harga ada kualitas, jadi kalau nominalnya di bawah standart itu haruslah diwaspadai.

Meskipun tawarannya Anda akan mendapatkan ayam yang gemuk dengan daging bagus, tetap saja semua harus dibuktikan dengan poin-poin diatas. Jadi lebih baik beli daging yang harganya sesuai di pasaran, alias tidak terlalu mahal dan murah.

5. Membeli daging di akhir waktu belanja

Tips terakhir adalah membeli daging di akhir waktu belanja Anda. Hal ini bertujuan supaya daging yang Anda beli tetap terjaga kualitasnya sampai di rumah karena baru saja diangkat dari mesin pendingin. Sedangkan apabila Anda melakukannya di awal belanja bayangkan apa yang terjadi.

Pastinya ayam akan berubah teksturnya karena terlalu lama berada dalam tas yang tidak diatur suhunya. Sehingga ini juga dapat mempengaruhi cita rasa saat dimasak karena tergolong tidak fresh alias segar.  Untuk itu saran ini jangan diabaikan jika ingin mendapatkan daging ayam berkualitas baik.

Demikianlah penjelasan mengenai tips membeli dan ciri-ciri ayam kampung frozen yang masih layak dimasak dan tetap terjaga kualitas gizi serta nutrisinya. Dengan mendapatkan daging yang seperti ini Anda tidak hanya merasakan kenikmatakan teradap cita rasanya namun juga memperoleh manfaat untuk kesehatan tubuh.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *