ayam kampung, Tips Ternak

Kenali 7 Jenis Pakan Ternak Ayam Kampung dan Bentuknya

jenis pakan ternak ayam kampung

Sebuah faktor penentu suksesnya ternak ayam kampungnya yaitu pakan. Dikarenakan pengetahuan mengenai jenis pakan ternak ayam kampung mutlak para peternak serta bahkan para peternak terjun secara langsung ke lapang.

Dimana tujuan dari pengetahuan yang satu ini merupakan calon peternak untuk memahami cara racik atau nyusun makanan ayamnya berdasarkan kebutuhan bobot maupun usia.

Jenis Pakan Ternak Ayam Kampung dan Bentuknya

Nanti tidak hanya bergantung saja bersama pakan yang terdapat pada pasaran. Tetapi, dapat memanfaatkan limbah yang terdapat pada sekitar lingkungan. Jika telah demikian, pembiayaan operasional juga bisa ditekan.

Bentuk pakan

Pada kalangan peternak ayam-ayam kampung dikenal dengan 3 ragam bentuk pakan, yakni tepung halus, remah serta pelet. Segera simak penjelasan jenis pakan ternak ayam kampung dan bentuknya dengan detail, diantaranya, pertama jenis tepung yang halus, yakni pakan didapatkan dari penggilingan tanpa harus dipadatkan.

Ketika diberikan terhadap ayan, nanti pakannya dicampur oleh bahan lain hingga menjadi homogeny. Umumnya, ayam diberikan makan menggunakan jenis tepung yaitu ayam yang memiliki usia kurang satu minggu. Selebihnya biasa menggunakan pakan pelet atau remah.

Keuntungan jenis tepungnya yaitu memiliki harga murah. Sementara kerugiannya yaitu makanan yang mudah untuk dikais ayam serta pencampuran tidak merata hingga terdapat pemisahan bahan sebabkan ketidakseimbangan nutrisi akan dikonsumsi. Pakan pelet adalah bahan digiling lalu dipadatkan.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kampung di Rumah Dengan Modal Sedikit

Keuntungan jenis pakan ternak ayam kampung dan bentuk yang satu ini sangat disukai oleh ayam, dikarenakan dapat meningkatkan selera makannya. Selain itu, bisa menekan pemborosan. Maka itu, efisiensi pakannya sangat tinggi daripada jenis tepung.

Pakan crumble atau remah pada dasarnya didapatkan dengan memecahkan pakan pelet sehingga menjadi butiran kecil atau remah. Peternak biasanya memberi makanan yang satu ini bagi usia 2 minggu hingga panen.

Jenis pakan

Tentunya jumlah suatu kandungan pada makanan diberi bagi ayam dan dibedakan berdasarkan usia, bobot, dan tujuan produksinya. Mengacu hal demikian, terdapat dua jenis pakan dikenal umumnya pada kalangan peternak, yaitu yang memiliki tujuan pembesaran serta pakan bagi tujuan teluran. Di bawah ini penjelasan jenis pakan ternak ayam kampung secara detail.

Pakan yang memiliki tujuan pembesaran atau ayam kampung pedaging dibagi sehingga menjadi 2 bagian. Pertama yaitu bagi usia ayam 0-28 hari disebut stater, kedua yaitu bagi ayam berusia 28 hari lebih hingga panen dengan bobot 800 gr hingga 1 kg disebut dengan grower maupun finisher.

Sedang bagi makanan untuk ayam teluran, dapat menggunakan pakan disebut dengan layer. Pakan yang satu ini biasanya digunakan untuk yang memiliki ras petelur. Selain menggunakan layer, peternak inipun bisa racik sendiri pakannya khusus catatan pakannya mempunyai kandungan protein 16 hingga 17 %.

Memilih Pakan Terbaik Bagi Ayam Kampung Joper atau Super

Ayam kampung joper salah satu peluang usaha yang baru cukup menguntungkan. Permintaannya setiap tahunnya terus meningkat. Cita rasanya yang khas, kenyal serta tidak begitu berlemak dapat membuat masyarakat suka dengan daging super ini. Jika dibandingkan dengan kampung biasa yang perlu masa panen diatas 75 hari, kampung super tersebut bisa lebih cepat.

Tentunya mempercepat panen dapat menyiasati pasar. Pertumbuhan ayamnya relative singkat apabila dibandingkan bersama ayam kampung yang biasa. Pertumbuhan awalnya kisaran 555 sampai 60 hari untuk siap panen. Hal demikian memiliki pengaruh pada Anda yang menginginkan untuk coba usaha ternak kampung super ini.

Cara memeliharanya juga dapat dikatakan mudah yaitu dengan hanya diumbar, tetapi apabila ingin ternak jawa agar bisa mendapat keuntungan maksimal dapat dilakukan memelihara dengan instensif maupun dikandangkan. Untuk siapapun sebagai peternak kampung super, terdapat berbagai jenis pakan ternak ayam kampung joper baik serta berkualitas agar diberikan terhadap ternak Jawa Anda.

Beberapa Jenis Pakan Terbaik Untuk Ayam Kampung Super

Di bawah ini akan kami sampaikan mengenai jenis pakan-pakan yang terbaik untuk dikonsumsi oleh kampung joper yang kini tidak sedikit kalangan yang ingin memudidayakan ternak tersebut, diantaranya adalah dapat Anda simak.

1. Konsentrat

Jenis pakan ternak ayam kampung ini masih DOC sangat butuh pakan dengan jenis konsentrat, karena konsentrat tersebut mempunyai tekstur halus hingga pakannya diberikan sangat mudah untuk dicerna anak ayam.

Pemberian konsentrat tersebut digunakan peternak yang memiliki tujuan agar dapat meningkatkan nutrisi untuk ternak. Konsentratpun ditujukan bagi penggemukan ternak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pencernaan pakan kering serta keefesienan pemakainan maupun penggunakan pokok.

2. Dedak

Biasa disebut pula dengan bekatul dari limbah olahan padinya tepat sekali untuk diberi sebagai pakan bagi yang jenis super. Hanya dedak tersebut lebih kasar sedikit daripada bekatul. Kandungan energi didalamnya kisaran 700 sampai 2500 kkal/kg serta kandungan serta dimiliki 12%. Kandungannya lumayan tinggi, maka itu dedak dapat diberi untuk percepat pertumbuhan ayam.

Baca Juga : Jual Opor Ayam Kampung Siap Saji Makanan Lezat Enak Disantap

3. Bekatul

Saat usia anak ayam kampung telah memiliki usia 1 bulan, jenis yang satu ini dapat diberikan. Dikarenakan bekatul mempunyai tekstur halus hingga mudah untuk dicerna bagi ayam super masih anakan.

4. Onggok

Jenis pakan ternak ayam kampung dengan onggok ini memiliki asal dari limbah olah singkong sehingga jadi tepung tapioka. Kandungannya yang dimiliki yakni metabolisme lumayan banyak kisaran 2956 kkal/kg. tetapi pemberiannya tersebut dibatasi 5-10%.

5. Pollard

Jenis pakan ini adalah limbah olah gandum sehingga jadi tepung terigu, pakan dengan jenis yang satu ini tepat untuk dijadikan sebagai bahan pakan kampung. Tetapi penggunaannya diharuskan untuk dibatasi. Meski kandungan energi dikatakan tinggi, namun kandungan sertanya dimiliki bisa membuat ayam jadi mencret.

6. Jagung kuning

Jenis pakan ternak ayam kampung ini adalah biji-bijian disenangi ayam serta dijadikan sebagai sebuah jenis pakan telah menjadi pakan semenjak dahulu kala. Jagung ini tidak sedikit memiliki kandungan karbohidrat. Pemberiannyapun dapat disesuaikan bersama usia ayam, jagungnya dapat diberi dengan bentuk yang utuh, jagung digiling kasar maupun digiling halus.

Pakan jagungnya memiliki bentuk utuh dapat diberikan kepada ayam super yang telah dewasa. Di Negara kita ada tiga jenis jagung, yakni jagung merah, putih serta kuning. Tetapi diantara itu jagung kuning yang memiliki kandungan dengan nutrisi terbesar. Kandungan energinya hingga 3360 kkal/kg. Namun harga jagung kuningnya masih dikatakan mahal.

7. Pelet

Pelet merupakan pakan digiling lalu dipadatkan. Selain itu, peletpun adalah pakan sangat disukai dikarenakan pellet ini dapat meningkatkan selera makannya. Dan pemberian pelet ini bisa menekankan tingkat pemborosan karena efisiensi pakannya lebih tinggi daripada pakan tepung. Tetapi jenis pakan yang satu ini dapat membuat ayamnya tahan lapar.

Baca Juga : Jual Ayam Kremes Burangkeng Siap Goreng

Terdapat ciri-ciri DOC terbaik yaitu DOC maupun anak ayam kampung super memiliki ukuran besar. Mempunyai warna lebih dominan kuning serta putih, namun kadang terdapat pula memiliki warna abu-abu, hitam serta coklat. Masa panen singkat hanya 55 sampai 60 hari. Data tahan tubuh tinggi apabila dibandingkan dengan ayam kampung yang biasa. Tingkat kematiannya lebih rendah daripada yang biasa.

Pada awal pemeliharaan joper ini relative kuat, ayam tersebut sangat lincah, berkokok, tahan penyakit serta bertengger. Dan mempunyai sifat bertelur terus menerus sama halnya dengan ayam ras, namun joper ini tidak mempunyai sifat ngeram. Para peternak kini mulai mencoba ternak joper.

Tentunya jenis pakan ternak ayam kampung ini sudah banyak bukti mempunyai keunggulan yang banyak daripada yang biasa. Maka itu, segera coba untuk ternak jenis kampung, untuk belajar sebaiknya ternak di rumah saja dulu.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *