Bibit Ayam, Pelatihan ternak ayam

Ingin Sukses Bisnis Ternak Ayam? Ikuti Pelatihan Ternak Ayam Kampung

Pelatihan Ternak Ayam Citra Lestari Farm

Pelatihan Ternak Ayam Citra Lestari Farm – Bisnis ternak ayam sepertinya tidak pernah ada kata mati. Bagaimana tidak, kebutuhan daging ayam untuk rumah tangga, restoran, pabrik dan sektor lain begitu tinggi.

Untuk menekuni bisnis ini, agar tidak mengalami kerugian, praktis dibutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan. Kedua hal tersebut selain bisa didapatkan dari otodidak, juga bisa didapatkan melalui pelatihan ternak ayam.

Pelatihan ini telah banyak digelar berbagai pihak di beberapa lokasi. Sebab semakin banyak yang berminat menekuni bisnis ternak ayam dan ingin mempelajari seluk beluk peternakan ayam dengan lebih mendalam.

Umumnya yang memberikan pelatihan ini tidak hanya dari pihak resmi, tapi juga para peternak yang telah berhasil dengan bisnis ternak ayamnya.

Manfaat Mengikuti Pelatihan Ternak Ayam yang Perlu Diketahui

Pelatihan beternak dan bisnis ayam kampung

Kegiatan seminar offline pelatihan ternak ayam kampung

Secara umum, mereka yang ingin mengikuti pelatihan ternak ayam adalah yang belum berpengalaman. Serta ingin mengetahui secara detail tentang proses ternak ayam dari awal hingga panen.  Mengikuti pelatihan ini memberikan dampak yang sangat berarti untuk para peternak ayam, umumnya yang masih pemula. Berikut adalah manfaat yang akan didapat;

1. Mendapatkan Ilmu Tentang Ternak Ayam

Ketika mengikuti pelatihan ternak ayam, sudah pasti yang dicari adalah ilmu mengenai bagaimana ternak ayam yang tepat dan benar. Sebab meskipun terlihat sepele, ternak ayam ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak ilmu tentang seluk beluk ternak ayam yang harus dipelajari. Jika tidak bisa belajar otodidak, ikut pelatihan adalah solusinya.

2. Memperoleh Jaringan yang Luas

Banyak keuntungan yang didapatkan dari mengikuti pelatihan ini. Bukan hanya mendapatkan ilmu saja, dari ikut pelatihan pasti akan bertemu dengan banyak orang.

Nah, dari pertemuan ini lah akan diperoleh banyak jaringan yang dibutuhkan dalam bisnis ternak ayam. Misalnya saja, dari pelatihan ini dapat bertemu dengan orang yang menyediakan bibit ayam berkualitas.

Dapat bertemu pula dengan orang yang menyediakan pakan berkualitas. Dari pelatihan ini pula peluang untuk mendapatkan ilmu ternak ayam dari mereka yang berpengalaman akan terbuka lebar.

Jadi, intinya ketika mengikuti pelatihan, jaringan untuk meluaskan bisnis ternak ayam  bukanlah isapan jempol semata.

3. Bekal Strategi Usaha

Terdapat lagi manfaat yang diperoleh ketika mengikuti pelatihan ternak ayam. Yaitu, memperoleh bekal strategi untuk mengembangkan usaha.  Untuk seorang pemula, bekal yang dibutuhkan bukan hanya ilmu dasar tentang bagaimana memulai bisnis ternak ayam. Namun, kelanjutan dari ternak ayam pun sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah bekal strategi ini.

Walaupun permintaan pasar selalu tinggi, berhadapan dengan kompetitor tidak bisa dihindarkan. Apalagi jika berhadapan dengan tengkulak. Jika tidak memiliki ilmu dan kemampuan strategi yang mumpuni, keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini tidaklah besar.

Strategi yang tepat sangat dibutuhkan untuk melebarkan usaha serta mengantisipasi kegagalan ternak ayam.

4. Modal Untuk Mengembangkan Usaha

Dengan mengikuti pelatihan, ilmu dan jaringan bisnis adalah hasil yang sangat penting. Ketika mendapat jaringan yang luas dalam pelatihan tersebut, otomatis jalan untuk mengembangkan usaha pun akan semakin besar. Peluang dengan adanya banyak jaringan pasti tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Siapa Saja yang Berhak Ikut Pelatihan?

Siapapun berhak untuk ikut pelatihan ini karena memang tidak ada batasan untuk melarang seseorang berpartisipasi. Baik mereka yang tela berkecimpung dalam bisnis ternak ayam atau yang belum pernah sama sekali.

Terpenting yang dibutuhkan adalah semangat dan niat untuk mendapatkan ilmu sebanyak mungkin.

Materi Pelatihan Ternak Ayam

Pelatihan Ternak Ayam Citra Lestari Farm

Pelatihan Ternak Ayam Citra Lestari Farm

Saat mengikuti pelatihan ternak ini, biasanya para peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa materi. Mulai dari materi dasar yang penting hingga materi lain sebagai pendukung.

Materi yang didapat ini tidak hanya harus didengarkan, tapi juga dipraktikkan ketika pelatihan telah usai. Berikut adalah beberapa materi yang didapat;

1. Prospek dan Tips Sukses Ternak Ayam

Materi yang biasa ditunggu oleh kebanyakan peserta pelatihan ternak ayam adalah tentang prospek usaha serta tips sukses. Wajar apabila materi yang paling banyak ditunggu karena menjadi alasan mengapa terjun dalam bisnis ternak ayam. Prospek bisnis yang cerah serta tidak mengenal musim, menjadikan banyak orang yang akhirnya tertarik.

Begitu juga dengan tips sukses saat melakoni bisnis ternak ayam.  Sebagai pemula, kesuksesan telah menjadi bayangan di masa depan. Mereka yang ingin sukses pasti begitu antusias bahkan ketika bertemu dengan para peternak yang lebih dulu sukses. Serta tidak pelit untuk membagikan pengalaman tentang cara meraih kesuksesan tersebut.

2. Persyaratan Lokasi dan Manajemen Kandang

Bisnis ternak ayam tidak sama dengan ternak ayam biasa yang dilakukan di rumah. Bisnis ini lebih banyak menyasar skala besar. Tentunya dibutuhkan kandang yang lebih besar serta lokasi yang tepat dan cocok.

Mengapa harus tepat lokasinya? Karena bau tahi ayam yang menyengat sehingga jika lokasinya tepat tidak akan menganggu banyak orang.

Sementara tentang kandang, sebuah ternak ayam kandang adalah kebutuhan vital yang harus dipenuhi. Pembuatan kandang ayam ini harus mengikuti syarat tertentu sehingga ayam nantinya dapat berkembang dengan baik.

Salah satu syaratnya adalah terbuat dari bahan yang berkualitas, tertutup serta memiliki perlengkapan yang dibutuhkan untuk kehidupan ayam.

3. Pedoman Teknis Budidaya

Karena skala ternak ayam terbilang besar, maka tenik perawatannya tentu berbeda dengan perawatan ayam rumahan. Oleh sebab itulah, dibuat pedoman untuk melaksanakan teknis budidaya atau ternak ayam.

Dengan adanya pedoman yang diperoleh selama pelatihan ternak ayam, diharapkan para peserta tidak bingung lagi ketika mulai praktik ternak ayam di lapangan.

4. Persiapan Bibit

Ingin ternak ayam mengalami kesuksesan salah satu faktor penentunya adalah melalui pemilihan bibit yang berkualitas. Dalam pelatihan ternak ini para peserta juga akan dibekali tentang bagaimana cara menentukan atau memilih bibit yang berkualitas. Ibaratnya mengikuti pelatihan ini akan memberikan banyak pengetahuan penting sebagai bekal ternak ayam.

Baca Juga : Jual Bibit Ayam Kampung Super Berkualitas

5. Pemeliharaan

Umur ayam sebelum masa panen tiba adalah berkisar antara 3-4 bulan. Pada masa itu, ayam harus memperoleh pemeliharaan yang tepat dan benar. Jika tidak sesuai dengan pedoman, maka pada saat panen nanti tidak akan memperoleh hasil yang besar.

Perawatan yang  tidak sesuai juga berpeluang membuat ayam mengalami beberapa penyakit bahkan mengalami kematian.

6. Hama dan Penyakit

Hampir sama dengan unggas yang lain, ayam pun berpotensi terkena hama dan penyakit. Untuk mengatasinya diibutuhkan trik serta pengetahuan tentang cara mencegahnya.

Inilah gunanya mengikuti pelatihan ternak ayam, sebab dalam pelatihan ini pula akan didapatkan pengetahuan tentang hama dan penyakit yang biasa menyerang. Tidak lupa pula disampaikan tentang bagaimana cara pas untuk mengatasinya.

Demikianlah ulasan singkat tentang pelatihan ternak ayam yang berguna untuk mereka yang berniat membuka bisnis ternak ayam.  Apapun yang didapat dari pelatihan ini akan lebih berharga apabila diiringi secara langsung dengan praktik di lapangan.

Ingin tahu lebih lanjut  tentang pelatihan ini serta melakukan konsultasi? bisa konsultasi di tempat yang berpengalaman yaitu di https://www.ayamkampung.co.id/.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *