Tips Ternak

Usaha Ternak Ayam? Begini Cara Buat Pakan Ayam Kampung Yang Mudah

cara buat pakan ayam kampung

Berternak ayam merupakan salah satu jenis usaha di bidang peternakan yang banyak digeluti masyarakat. Selain mudah mudah menemukan bibitnya, perawatan serta pakannya juga sangat beragam serta mudah dilakukan. Bagi Anda yang sedang menjalani atau hendak memulai usaha ternak yang satu ini, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara buat pakan ayam kampung yang tepat.

Karena seperti yang diketahui bersama, untuk menghasilkan ayam yang berkualitas tentunya harus ditunjang dengan pakan yang berkualitas pula. Pakan ayam yang baik akan mempengaruhi jumlah telur yang akan dihasilkan nantinya. Sayangnya, harga pakan ayam kampung cukup mahal di pasaran. Karenanya, mari simak beberapa cara buat pakan ayam kampung di bawah ini.

Wajib Tahu! Ini Cara Buat Pakan Ayam Kampung Agar Cepat Besar

Pakan untuk ayam kampung memang memang relatif lebih sederhana tapi bukan berarti memberikan pakan yang kualitasnya sembarangan. Ayam yang sehat mendapat nutrisi dari pakan yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan. Maka dari itu silahkan Anda menyimak cara buat pakan ayam kampung yang dapat Anda coba.

1. Menyediakan Bahan-Bahan

Hal paling utama dalam membuat pakan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Anda dapat dengan mudah menemukan semua bahan ini di sekitar Anda. Karenanya, selain mendapatkan pakan yang berkualitas, Anda juga sekaligus dapat berhemat. Nah, berikut ini beberapa bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk pembuatan pakan.

– Jagung Giling

Salah satu jenis pakan yang dapat Anda berikan untuk ayam kampung yang Anda ternakkan adalah jagung giling. Bukan hanya baik untuk dikonsumsi manusia saja, kandungan gizi dan nutrisi pada jagung juga baik bagi ayam. Jagung diketahui menyimpan kandungan serat, vitamin C, asam lemak omega-6, vitamin B, kalium, fosfor, lemak tak jenuh, magnesium dan zat besi.

Baca Juga : Kenali 7 Jenis Pakan Ternak Ayam Kampung dan Bentuknya

Selain itu alasan mengapa jagung giling juga baik diberikan sebagai pakan anak ayam karena masih tergolong mudah dicerna dan membuat kenyang. Kebaikan jagung ini juga memberikan lebih dari setengah energi bagi ayam sehingga menunjang kesehatan juga keaktifan dari ayam ternak Anda.

– Pelet

Bahan Pelet merupakan pakan yang diolah dari berbagai bahan yang digiling kemudian dipadatkan. bahan ini banyak dipilih sebagai pakan ternak karena cenderung lebih hemat dan praktis. Selain itu penggunaan pelet juga dirasa lebih efisien karena mengurangi terbuangnya pakan dalam bentuk non-pelet. Anda bisa dengan mudah membelinya di pasaran atau membuatnya sendiri.

– Limbah Gandum Atau Pollard

Bahan selanjutnya yang dapat Anda gunakan dalam menerapkan cara buat pakan ayam kampung yaitu limbah gandum atau biasa disebu juga pollard. Bahan pakan yang satu ini berasal dari limbah penggilingan gandum yang diolah menjadi terigu. Pakan ini pun cukup populer di kalangan peternak meski penggunaannya harus mengikuti jumlah yang dianjurkan.

Pollard mengandung serat kasar dan energi metabolism yang rendah dan kualitasnya lebih baik dari jagung. Pemberian pollard biasanya bersamaan dengan pakan butiran yang kaya protein karena nilai protein pada pollard lebih rendah dari kedelai, ikan dan susu.

– Ubi Cincang

Bukan hanya kaya manfaat dan disukai banyak orang, ubi ternyata dapat dijadikan pakan yang baik untuk ayam kampung Anda. Selain itu, daun ubi juga memiliki kandungan protein sekitar 29% dan serat yang cukup tinggi. Namun di sisi lain, Anda harus cermat dan berhati-hati saat memberikan pakan ubi atau daun ubi ini kepada ayam Anda.

Karena faktanya daun ubi juga memiliki kandungan asam prusid dan sianida yang bersifat racun. Selain itu, Anda juga bisa memberikan singkong yang memiliki kandungan protein rendah sekitar 2-3%. Tentunya Anda harus membatasi pemberian bahan pakan yang satu ini dan pastikan Anda telah mengolahnya terlebih dahulu menjadi potongan atau cincangan kecil sebelum diberikan pada ternak.

2. Cara Membuat Pelet

Cara buat pakan ayam kampung yang satu ini merupakan salah satu yang paling mudah yaitu dalam bentuk pelet. Adapun perhitungan bahan yang diperlukan dapat Anda perkirakan sendiri sesuai dengan total pakan yang Anda butuhkan. Penasaran bagaimana langkah-langkah pembuatannya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pertama siapkan 1% sayuran, seperti kangkung, bayam, atau sayuran lainnya. Lalu haluskan. Siapkan juga 1% kunyit parut. Kemudian siapkan juga dedak yang memiliki tekstur halus sekitar 5%. Jangan lupa vitamin 2%, Anda dapat membelinya di toko pakan ayam. Selanjutnya Anda juga membutuhkan 24% tepung ikan seperti yang terbuat dari teri kering yang dihaluskan.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kampung di Rumah Dengan Modal Sedikit

Selain itu, siapkan kedelai sekitar 11%, jagung giling sekitar 30% dan bekatul (bisa berasal dari sisa nasi yang dijemur kering) sekitar 26%. Serta air bersih secukupnya. Adapun cara yang satu ini dapat Anda lakukan dengan mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan tadi hingga merata. Lalu tambahkan air, dan aduk hingga mendapat konsistensi yang diinginkan.

Selanjutnya kukus adonan bahan tadi hingga matang agar tidak cepat basi. Setelah matang, Anda dapat membentuk adonan tersebut sesuai selera. Untuk bentuk pelet sendiri, dapat Anda peroleh dengan cara menggiling adonan tersebut hingga berbentuk memanjang. Terakhir Anda hanya perlu memotongnya lalu jemur hingga kering. Cara buat pakan ayam kampung yang satu ini cukup mudah kan?

3. Dari Bahan Talas

Dalam cara buat pakan ayam kampung ini memang membutuhkan beberapa bahan yang nantinya dicampurkan menjadi satu dan siap menjadi pakan ayam yang sehat dan bernutrisi. Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas Anda juga dapat membuat pakan dengan berbahan talas. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam membuat pakan ayam kampung ini.

Pertama-tama, Anda dapat mencincang atau menggiling umbi dan daun talas hingga hancur atau menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu campurkan bahan-bahan lain yang diperlukan seperti berupa beras dolog, tepung tulang, dan dedak. Kemudian masukan dalam mesin pengaduk atau mixer dan tambahkan air seperlunya. Selanjutnya rebus semua bahan hingga tercampur merata dan hancur.

Untuk mendapatkan hasil berupa pakan ayam yang berkualitas, maka Anda perlu mengetahui takaran yang pas dari setiap bahan. Jika ingin membuat pakan sebanyak 2 kg maka gunakan ½ kg beras dolog, 1 kg bahan umbi talas, dan ½ kg dedak. Dengan takaran yang tepat maka kandungan nutrisi pada pakan juga akan menjadi lebih baik dan lebih efektif bila dikonsumsi oleh ternak.

Baca Juga : Jual Ayam Kremes Burangkeng Siap Goreng

Bila Anda hendak menambahkan tepung tulang sebagai penambah nutrisi maka sebaiknya tambahkan sebanyak 1 sendok makan saja. Setelah semua bahan ini tercampur dengan merata, maka Anda dapat mengangkat dan mendinginkan adonan pakan ayam kampung tersebut. Nah, jika adonan ini sudah dingin, maka Anda dapat langsung memberikan pakan ini pada ayam kampung yang dipelihara.

Dua cara buat pakan ayam kampung yang telah dijelaskan dalam artikel ini cukup mudah dan simpel. Namun Anda tetap harus memperhatikan jumlah pemberian pakan ini pada ayam kampung yang Anda ternakkan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *